Sunday, March 29, 2020

Kesaksian Pasien Sembuh Corona Surabaya, Ini Salah Satunya Poin Pentingnya..

  Ahmad Anton       Sunday, March 29, 2020
Jakarta, CNN indonesia - M Budi Hidayat Sadar akan rutinitas dia yang membuatnya sangat rentang dan terjangkit Virus Corona. Dan saat itu budi hidayat bekerja sebagai kepala kantor ksehatan pelabuhan (KKP) Kelas 2 Juanda surabaya. Dia kena corona dan diapunn menjalani isolasi sampai akhirnya dinyatakan sembuh oleh medis.

Budi adalah salah satu dari 7 pasien Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh di jawa timur. Dan dengan kondisinyapun budi berkenan dan senang hati membagikan kisal perkenalannya dengan virus yang menjangkit lebih dari 190 Negara tersebut.



"Sepulang kerja, pada jumat (13/3) saya merasa ada yang tidak beres dengan tubuh saya. Gereges (Meraing) sepulang dari bandara," Cerita budi pada kamis (26/3)

Budi juga tau kalau lingkungan kerjanya rentan. Lantas Budi pun berinisiatif menghubungi Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) untuk berkonsultasi. Malam itu juga, tak mau ia tunda. Selagi menunggu perkembangan pemeriksaan darinya, budi dengan sadar memiliki mengisolasi diri.

"2 Hari masa isolasi, tubuh saya merasa semakin membaik," Kenang Budi

Ia kemudian kembali melakukan pemeriksaan dan pengecekan di RSUA pada minggu (15/3). Ternyata dirinya "Divonis" Positif terjangkit corona. Dokter menyarankan isolasi secara intensif dirumah sakit.

"Yasudah saya masuk RS, ini supaya saya bisa istirahat juga kan." Kata Budi.

Usai dirinya dinyatakan positif, pihak RS meminta budi mengumpulkan keluarga yang ditinggal serumah untuk turut melakukan pemeriksaan swab. Nafas budi lega beberapa hari setelah itu, mendapati kabar semua anggota keluarganya negatif corona, tidak tertular.

"Alhamdulillah." Kata dia.

Budi menitipkan pesan agar masyarakat selalu berhati-hati dan waspada terhadap virus corona. Ia meminta warga untuk disiplin menghindari keramaian dengan tetap berbeda dirumah.

"Hindari kontak dengan orang lain. Hindari berkumpul supaya kita bisa mencegah. Kalau kita sudah sakit, kita (Isolasi) sendiri di rumah, minum vitamin, istirahat, makan makanan yang bergizi dan pakai masker jika keluar rumah. Dan kalau kita sakit yang penting jangan setres," Ujarnya.

Di RSUA Surabaya, budi merupakan satu dari dua orang pasien corona yang dinyatakan sembuh usai menjalani perawatan. Justru tim satgas corona RSUA, Dr Alfian Nur Rasyid mengatakan kedua pasien tersebut diizinkan pulang pada kamis (26/3), setelah menjalani tes swab sebanyak tiga kali. Tes terakhir menunjukan hasil negatif.

"Tiga kali swab hasilnya negatif. Jadi awalnya dua-duanya postif terus di akhir (Swab ketiga) hasilnya negatif. Karena hasilnya sudah negatif, dan kondisinya baik jadi diperbolehkan pulang." Ujarnya.

Kendati demikian, kedua pasien ini belum diperbolehkan untuk keluar rumah secara bebas. Mereka dianjurkan untuk menjalani isolasi kembali selama 14 hari. Tak hanya itu, selama menjalani isolasi lanjutan, kedua pasien itu tetap akan melakukan pengecekan kesehatan secara berkala.

"Nanti dievaluasi apakah perlu cek atau swab apa tidak. Kalau sembuh ndak ada gejala nggak usah swab tidak apa-apa. Nanti kontrol ke poli klinis saja." Kata dia. (Frd/ain)

Sumber terkait: Cnnindonesia

Share jika bermanfaat!
logoblog

Thanks for reading Kesaksian Pasien Sembuh Corona Surabaya, Ini Salah Satunya Poin Pentingnya..

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment