Monday, December 10, 2018

9 Penyebab Hilangnya Kewarganegaraan Indonesia

  Ahmad Anton       Monday, December 10, 2018
Membahas pelajaran sekolah untuk mata pelajaran pkn, Dan khusus diartikel ini membahas mengenai penyebab hilangnya kewarganegraan indonesia | Mungkin sebelum membahas artikel penyebab hilangnya kewarganegaraan ini kita juga pernah membahas mengapa status kewarganegaraan seseorang tidak ada dan saya rasa itu adalah alasan lain yang bisa dijadikan rujukan mengenai penyebab yang akan kita bahas ini.

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan artikel yang telah saya bahas sebelumnya itu, Bahkan kasus ini juga agak sama dengan artikel Apa alasannya seseorang mempunyai 2 kewarganegraan ganda.

Tapi kita tidak akan bahas itu disini, Disini kita akan mendalami penyebab hilangnya kewarganegraan indonesia yang dimiliki seseorang,

Penyebab Hilangnya status kewarganegaraan indonesia

Penyebab hilangnya kewarganegraan indonesia, penyebab hilangnya status kewarganegaraan, makalah penyebab hilangnya kewarganegraan indonesia
Nah sesuai dengan judul diatas, Bahwa ada sekiranya sembilan (9) Penyebab kenapa status kewarganegraan seseorang bisa hilang dan lenyap. Simak selengkapnya dibawah ini,

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2006, seorang Warga Negara Indonesia dapat kehilangan kewarganegaraannya jika yang bersangkutan melakukan hal-hal sebagai berikut.
  1. Memperoleh kewarganegaraan lain atas kemauannya sendiri.
  2. Tidak menolak atau tidak melepaskan kewarganegaraan lain.
  3. Dinyatakan hilang kewarganegaraannya oleh Presiden atas kemauannya sendiri, dengan ketentuan telah berusia 18 tahun dan bertempat tinggal di luar negeri.
  4. Masuk ke dalam dinas tentara asing tanpa disertai izin dari presiden.
  5. Masuk dalam dinas negara asing atas kemauan sendiri, yang mana jabatan dalam dinas tersebut di Indonesia hanya dapat dijabat oleh Warga Negara Indonesia.
  6. Mengangkat sumpah atau menyatakan janji setia kepada negara asing atau bagian dari negara asing tersebut atas dasar kemauan sendiri.
  7. Turut serta dalam pemilihan sesuatu yang bersifat ketatanegaraan untuk suatu negara asing, meskipun tidak diwajibkan keikutsertaannya.
  8. Mempunyai paspor atau surat yang bersifat paspor dari negara asing atau surat yang dapat diartikan sebagai tanda kewarganegaraan yang masih berlaku dari negara lain atas namanya.
  9. Bertempat tinggal di luar wilayah negara Republik Indonesia selama lima tahun terus menerus bukan dalam rangka dinas negara. Tanpa alasan yang sah dan dengan sengaja tidak menyatakan keinginannya untuk tetap menjadi Warga Negara Indonesia sebelum jangka waktu lima tahun tersebut berakhir, 

  10. Dan setiap lima tahun berikutnya yang bersangkutan tetap tidak mengajukan pernyataan ingin menjadi Warga Negara Indonesia kepada perwakilan Indonesia, meskipun telah diberi pemberitahuan secara tertulis.

Gimana teman, Sudah faham dengan materi diatas? Saya anggep jawaban teman "IYA" Yah, hehe

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, Jika sekiranya ada yang hendak teman tanyakan, Jangan sungkan untuk bertanya dengan cara menghubungi saya dibagian kontak saya atau melalui kolom komentar dibawah ini jika tersedia

Sekian dari saya dan Terima kasih

logoblog

Thanks for reading 9 Penyebab Hilangnya Kewarganegaraan Indonesia

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment