Cara membuat data cutomer dan supplier pada myob - Kembali lagi dengan saya di Carirevolusi Blog, kali ini kita akan membahas secara menyeluruh tentang pembuatan cutomer dan supplier pada myob.
Mungkin sebelumnya kita pernah membahas tentang penggunaan software myob dan di artikel ini merupakan lanjutan dari artikel saya sebelumnya. bagi teman yang mengalami masalah dalam memahami myob lebih tepatnya sesuai judul kita kali ini, saya berharap artikel yang saya buat ini bisa mengatasi masalah teman semuanya.
Sebelum memulai mari kita awali dengan membaca "Bismillahirrohmanirrohim"
Apabil teman ingin membuat data costumer dan supplier yang perlu teman lakukan adalah memastikan data yang akan diimput sudah disiapkan dan pastikan data tersebut sudah benar atau terbebas dari kesalahan kelasahan mulai dari nama cutomer dan supplier serta alamat dan nomor teleponnya,
Kenapa Hal diatas perlu dilakukan? karena data ini akan selalu tampil dan menjadi link aktiv untuk pembuatan laporan selanjutnya. jika teman sudah melakukan penyesuaian data silahkan ikutil langkah langkah berikut ini
1) Pertama silahkan teman masuk Command Centre dan klik > Card File (ada di bagian paling kanan), selanjutnya silahkan teman pilih > Cards List
2) Kemudian akan ada opsi mulai dari pembuatan data costumer dan supplier dan juga ada employer dan personal, silahkan untuk langkah awal pilih > Costumer.
3) Karena data masih kosong silahkan teman klik > New,
Selanjutnya silahkan isi data data tersebut dengan data Costumer teman, pastikan pencatatan data dilakukan dengan benar (Lihat gambar bawah)
Keterangan masing-masing
1. Card type : isikan dengan jenis data yang akan dibuat
2. Designation : Isikan dengan jenis/Bentuk Costumer yang bersangkutan (Bisa Company atau dll)
3. Card id : Isikan dengan Id Costumer bersangkutan yang tercatat di Buku teman
4. Location : Isikan sesuai gambar diatas
5. Address : Isikan dengan alamat costumer
6. City : Isikan dengan nama kota customer
7. State : isikan dengan negara (negara bagian) customer
8. Postcode : isikan dengan kode post cutomer
Silahkan teman isikan semua data dari cutomer tersebut sampai dengan nomor kontak dari pihak cutomer, jika semuanya sudah selesai dilakukan silahkan selanjutnya teman klik > OK
Lakukan secara berulang sesuai dengan jumlah cotumer yang dimiliki dengan cara mengklik > New untuk mencatat cutomer yang lainnya
Oh ya, adapun pembuatan saldo seperti yang ada di masing masing data diatas dilakukan di jurnal penjualan karena memang cutomer berkaitan dengan aktivitas penjualan perusahaan. untuk caranya silahkan teman sering seringlah berkunjung di website ini untuk mendapatkan pengetahuan lebih mendalam khususnya myob
1) Pertama silahkan teman masuk Command Centre dan klik > Card File (ada di bagian paling kanan), selanjutnya silahkan teman pilih > Cards List
2) Kemudian akan ada opsi mulai dari pembuatan data costumer dan supplier dan juga ada employer dan personal, silahkan untuk langkah pembuatan supplier pilih > Supplier
3) Karena data masih kosong silahkan teman klik > New
Selanjutnya silahkan isi data data tersebut dengan data Supplier teman, pastikan pencatatan data dilakukan dengan benar (Lihat gambar bawah)
Keterangan masing-masing
1. Card type : isikan dengan jenis data yang akan dibuat
2. Designation : Isikan dengan jenis/Bentuk supplier yang bersangkutan (Bisa Company atau dll)
3. Card id : Isikan dengan Id supplier bersangkutan yang tercatat di Buku teman
4. Location : Isikan sesuai gambar diatas
5. Address : Isikan dengan alamat supplier
6. City : Isikan dengan nama kota supplier
7. State : isikan dengan negara (negara bagian) supplier
8. Postcode : isikan dengan kode post supplier
Silahkan teman isikan semua data dari supplier tersebut sampai dengan nomor kontak dari pihak supplier, jika semuanya sudah selesai dilakukan silahkan selanjutnya teman klik > OK
Lakukan secara berulang sesuai dengan jumlah supplier yang dimiliki dengan cara mengklik > New untuk mencatat supplier yang lainnya.
Oh ya, adapun pembuatan saldo seperti yang ada di masing masing data diatas dilakukan di jurnal pembelian karena memang supplier berkaitan dengan aktivitas pemebelian perusahaan.
Sekali lagi saya harap pencatatan dilakukan dengan benar sehingga data tidak perlu dirubah meskipun itu merupakan hal yang mudah, biasakan konsentrasi ketika melakukan sesuatu apalagi kita adalah seorang akuntan yang selalu berhadapan dengan resiko. #Selamat Mencoba
Mungkin sebelumnya kita pernah membahas tentang penggunaan software myob dan di artikel ini merupakan lanjutan dari artikel saya sebelumnya. bagi teman yang mengalami masalah dalam memahami myob lebih tepatnya sesuai judul kita kali ini, saya berharap artikel yang saya buat ini bisa mengatasi masalah teman semuanya.
Sebelum memulai mari kita awali dengan membaca "Bismillahirrohmanirrohim"
Apabil teman ingin membuat data costumer dan supplier yang perlu teman lakukan adalah memastikan data yang akan diimput sudah disiapkan dan pastikan data tersebut sudah benar atau terbebas dari kesalahan kelasahan mulai dari nama cutomer dan supplier serta alamat dan nomor teleponnya,
Kenapa Hal diatas perlu dilakukan? karena data ini akan selalu tampil dan menjadi link aktiv untuk pembuatan laporan selanjutnya. jika teman sudah melakukan penyesuaian data silahkan ikutil langkah langkah berikut ini
Membuat data cutomer tetap
1) Pertama silahkan teman masuk Command Centre dan klik > Card File (ada di bagian paling kanan), selanjutnya silahkan teman pilih > Cards List
2) Kemudian akan ada opsi mulai dari pembuatan data costumer dan supplier dan juga ada employer dan personal, silahkan untuk langkah awal pilih > Costumer.
3) Karena data masih kosong silahkan teman klik > New,
Selanjutnya silahkan isi data data tersebut dengan data Costumer teman, pastikan pencatatan data dilakukan dengan benar (Lihat gambar bawah)
1. Card type : isikan dengan jenis data yang akan dibuat
2. Designation : Isikan dengan jenis/Bentuk Costumer yang bersangkutan (Bisa Company atau dll)
3. Card id : Isikan dengan Id Costumer bersangkutan yang tercatat di Buku teman
4. Location : Isikan sesuai gambar diatas
5. Address : Isikan dengan alamat costumer
6. City : Isikan dengan nama kota customer
7. State : isikan dengan negara (negara bagian) customer
8. Postcode : isikan dengan kode post cutomer
Silahkan teman isikan semua data dari cutomer tersebut sampai dengan nomor kontak dari pihak cutomer, jika semuanya sudah selesai dilakukan silahkan selanjutnya teman klik > OK
Lakukan secara berulang sesuai dengan jumlah cotumer yang dimiliki dengan cara mengklik > New untuk mencatat cutomer yang lainnya
Oh ya, adapun pembuatan saldo seperti yang ada di masing masing data diatas dilakukan di jurnal penjualan karena memang cutomer berkaitan dengan aktivitas penjualan perusahaan. untuk caranya silahkan teman sering seringlah berkunjung di website ini untuk mendapatkan pengetahuan lebih mendalam khususnya myob
Membuat data supplier tetap
Sebenarnya cara membuatnya saya seperti customer mulai dari card type sampai kontak, silahkan teman tinggal lengkapin saja satu persatu, Tapi jika teman masih belum mengerti tentang caranya silahkan ikuti langkah berikut ini1) Pertama silahkan teman masuk Command Centre dan klik > Card File (ada di bagian paling kanan), selanjutnya silahkan teman pilih > Cards List
2) Kemudian akan ada opsi mulai dari pembuatan data costumer dan supplier dan juga ada employer dan personal, silahkan untuk langkah pembuatan supplier pilih > Supplier
3) Karena data masih kosong silahkan teman klik > New
Selanjutnya silahkan isi data data tersebut dengan data Supplier teman, pastikan pencatatan data dilakukan dengan benar (Lihat gambar bawah)
Keterangan masing-masing
1. Card type : isikan dengan jenis data yang akan dibuat
2. Designation : Isikan dengan jenis/Bentuk supplier yang bersangkutan (Bisa Company atau dll)
3. Card id : Isikan dengan Id supplier bersangkutan yang tercatat di Buku teman
4. Location : Isikan sesuai gambar diatas
5. Address : Isikan dengan alamat supplier
6. City : Isikan dengan nama kota supplier
7. State : isikan dengan negara (negara bagian) supplier
8. Postcode : isikan dengan kode post supplier
Silahkan teman isikan semua data dari supplier tersebut sampai dengan nomor kontak dari pihak supplier, jika semuanya sudah selesai dilakukan silahkan selanjutnya teman klik > OK
Lakukan secara berulang sesuai dengan jumlah supplier yang dimiliki dengan cara mengklik > New untuk mencatat supplier yang lainnya.
Oh ya, adapun pembuatan saldo seperti yang ada di masing masing data diatas dilakukan di jurnal pembelian karena memang supplier berkaitan dengan aktivitas pemebelian perusahaan.
Sekali lagi saya harap pencatatan dilakukan dengan benar sehingga data tidak perlu dirubah meskipun itu merupakan hal yang mudah, biasakan konsentrasi ketika melakukan sesuatu apalagi kita adalah seorang akuntan yang selalu berhadapan dengan resiko. #Selamat Mencoba